Antara Aku dan Indonesia

Thursday, August 17, 2017 Chalista Putri Nadila 4 Comments


Me and Indonesia


17 Agustus 2017…….

Surat kecil usang dariku, gadis usia 16 tahun yang lahir dan tinggal di Indonesia. Yang dengan mudahnya aku menghirup udara secara gratis dan melangkahkan kakiku di Bumi Pertiwi, Indonesia. Kusampaikan terima kasihku padamu untuk telah merawatku 16 tahun lalu hingga mungkin 90 tahun yang akan datang.

Yang bersedia menjadi tumpuanku di saat-saat terpurukku dan mungkin disaat aku berada di titik paling lemahku. Yang bersedia menerima setiap ocehan-ocehan konyolku disaat tak ada satupun orang tau apa penyebabya. Yang bersedia menungguku mengatakan “Aku Cinta Indonesia”. Ataupun  yang dengan ikhlasnya ketika kucaci-maki dengan segala kekuranganmu.

Damn, salahkah ketika aku bangga menjadi bagian dari dirimu?

Kuakui, aku hanya bangga padamu disaat-saat tertentu. Hanya ketika kau mendunia dengan keindahan dan kemolekan dirimu. Atau ketika para orang luar negeri itu memujimu dihadapanku, dan dengan sigap kutegakkan kepala yang sering berpikir jelek tentang dirimu. Dan hanya selang detik, otakku berkata lagi bahwa kau adalah negara paling ‘kampungan’ di dunia ini.

72 tahun sudah sejak Bapak Proklamator kita mengumandangkan dengan lantang Proklamasi. Hanya sebuah teks memang, tapi membutuhkan waktu berabad-abad dan tumpahan darah rakyatnya untuk bisa direalisasikan.

Negara luas dan besar dengan lebih dari 258 juta jiwa penduduk, 300 etnik, 13.466 pulau yang menjunjung tinggi toleransi dari Sabang sampai Merauke dengan sebuah semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Karna sekarang kuharap aku bisa bangga dengamu, bukan hanya dengan prestasimu, tetapi sebagai bangsa kesatuan, INDONESIA.

Jayalah selalu negeriku!

Dariku si gadis yang berharap bisa memberi perubahan besar untukmu di masa depan. 

You Might Also Like

4 comments:

  1. MERDEKA!!
    Jadilah penulis yang hebat dan banggakan Indonesia!!

    ReplyDelete
  2. Nice post!!
    Make a another great post w/ great content too!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you. I'll always try to have good content in my every articles

      Delete